oleh

Latihan Fisik Personel Damkar Tingkatkan Disiplin Pelaksanaan Tugas

TERASKATAKALTIM.COM – Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkartan) Kota Bontang merupakan institusi yang menangani masalah bencana kebakaran dan penyelamatan, baik pada saat sebelum terjadi bencana, saat terjadi bencana, maupun setelah terjadi bencana. 

Dalam rangka mitigasi bencana atau mengurangi korban pada saat bencana, maka diperlukan kesiapan-kesiapan, baik kesiapan dari masyarakat maupun kesiapan dari petugas penanggulangan bencana.

Salah satu indikator dari kesiapan pertugas penanggulangan bencana adalah dengan melakukan pelatihan, training dan simulasi secara rutin untuk mewujudkan kesiapan petugas penanggulangan bencana.

Kasubag Umum dan Kepegawaian Sarkani mengatakan, pelatihan berkala secara rutin ini melibatkan seluruh anggota Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Bontang, dengan jadwal dan personil atau petugas yang telah ditetapkan termasuk materi mengenai penanganan bencana pemadam kebakaran dan penyelamatan.

Seperti, pelatihan fisik yang dilakukan Regu charlie pos mako utama, diikuti kurang lebih tujuh personel beberapa waktu lalu, kamis (5/8/2021). 

“Kegiatan pelatihan ini memang kita rutin lakukan secara berkala dan teratur, tidak hanya di mako utama saja, tapi setiap pos kita juga adakan pelatihanan rutin dan teratur,” ujar Sarkanai. Sabtu (7/8/2021).

Sarkani pun berharap, dengan adanya pelatihan ini, para personil Damkar dapat melaksanakan tugasnya dengan baik dalam penanggulangan bencana baik secara perorangan maupun kelompok.

“Semoga dengan kegiatan ini mampu menciptakan kekompakan kita dalam melaksanakan tugas dalam satu sistem komando. Dan yang sangat terpenting adalah, disiplin dalam pelaksanaan tugas,” tandasnya.(Kominfo/Yayuk Sugiarseh).

Komentar

Berita Terkait