oleh

Kabar Duka, Mantan Plt Gubernur Kaltim Yurnalis Ngayoh Tutup Usia

TERASKATAKALTIM.com – Kalimantan Timur kembali kehilangan salah satu putra terbaiknya. Mantan Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Kaltim Yurnalis Ngayoh dikabarkan meninggal dunia, Senin (08/02/2021).

Yurnalis meninggal dunia di RSUD AW Syahranie Samarinda. Jenazah almarhum disemayamkan di rumah duka, Jalan Lai No. 42 Vorvoo, Samarinda Ulu.

Ucapan belasungkawa pun datang dari berbagai kalangan masyarakat. Tak terkecuali dari Pemprov Kaltim.

Melalui Juru Bicara Pemprov Kaltim HM Syafranuddin, disampaikan pemerintah provinsi turut berduka mendalam karena kepergian almarhum Yurnalis Ngayoh.

“Kita sampaikan turut berduka cita. Semoga amal ibadah beliau diterima Tuhan Yang Maha Esa. Semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran dan ketabahan,” ucap Ivan, sapaan akrab Syafranuddin yang merupakan Kepala Biro Humas Setda Prov Kaltim.

Sebagai informasi, almarhum Yurnalis Ngayoh pernah menjabat sebagai Wakil Gubernur Kaltim pada periode 2003-2006. Kemudian melanjutkan tongkat estafet pembangunan sebagai Plt Gubernur Kaltim periode 2006-2008. Ia menggantikan Gubernur non aktif Suwarna Abdul Fatah.

Pada masa kepemimpinannya, Yurnalis Ngayoh melanjutkan pembangunan infrastruktur penunjang pelaksanaan PON XVII 2008 di Benua Etam dan turut serta mensukseskan pelaksanaan pesta olahraga terbesar di Indonesia tersebut.

Selama berkarier, Yurnalis Ngayoh mendapatkan beberapa Tanda Jasa seperti Lencana Emas Daya Taka dari Pemda tingkat II Pasir (1980). Piagam Penghargaan Festival of American Folklife Nasional dari Smithsonian International USA. Satya Lencana Karya Satya 20 tahun dari Presiden RI. Penghargaan dari masyarakat Benuaq dengan gelar Kliat Ramat Langit Tali Ayut Bintan Bulaw. Penghargaan dari Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura.

Penghargaan dari Dewan Adat Kalimantan dengan pengangkatan sebagai Kepala Adat Besar Dayak Kalimantan Timur.

“Itu adalah beberapa penghargaan yang pernah diterima beliau semasa hidup, dan masih banhak berbagai penghargaan lainnya. Semoga ini bisa menginspirasi bagi generasi muda Kaltim untuk berbuat yang terbaik bagi daerahnya,” pungkas Ivan. (**).

Komentar

Berita Terkait