oleh

DPRD Kaltim Minta Gubernur Turun Tangan atasi Persoalan Jalan Rusak di Tanah Datar

TERASKAKATAKLTIM.COM – Kondisi Jalan Poros Nasional di Desa Tanah Datar, Kecamatan Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), mengalami banyak kerusakan.

Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) diminta ikut turun tangan mencari solusi agar perbaikan jalan rusak dapat segera dilakukan.

Demikian diungkapkan Anggota DPRD Kaltim, Harun Al Rasyid, di Aula Hotel Tiara Surya, Kota Bontang, Minggu (11/04/2021).

Kata dia, meski berstatus jalan Nasional, Pemprov juga memiliki andil untuk melakukan perbaikan. Terlebih kerusakan jalan sudah mendekati Bandara Internasional APT Pranoto, yang terletak di perbatasan Kukar dan Samarinda.

“Gubernur harus tegas dan segera mencari solusi untuk memperbaiki kerusakan jalan ini,” ungkapnya.

Rasyid mengatakan, tidak boleh ada kesan terjadi pembiaran atas kerusakan jalan utama penghubung antar kota di Kaltim ini. Jika dibiarkan terlalu lama, ujar dia, keruskan akan semakin meluas akibat kepadatan kendaraan.

Olehnya itu, mendorong agar Pemprov Kaltim segera mengalokasikan angaran untuk perbaikan.

Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu juga mendesak agar tahun 2021 perbaikan dapat terealisasi. Sebab kerusakan ini sangat berdampak besar kepada berbagai sektor. Terlebih Kaltim akan menjadi Ibu Kota Negara (IKN) yang baru.

“Sebenarnya sudah perbaikan sementara. Namun karena hujan jadi kurang efektif, kita juga sudah sampaikan ke provinsi, karena yang diperbaiki bukan hanya jalannya saja,” ujarnya.

Masih kata Rasyid, dari hasil kunjungan lapangan, selain volume jumlah kendaraan yang meningkat, kerusakan juga terjadi akibat longsor dan banjir yang setiap musim penghujan.

“Saluran airnya itu nah tidak ada, jadi air ngumpul di tengah jalan,” ucapnya.

Untuk itu, Rasyid menekankan selain peningkatan badan jalan, perbaikan drainase harus mejadi perhatian Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Tata Ruang Kota (PUPRK).

“Kita sampaikan ke dinas PUPRK, kalau perlu sama-sama ke pusat untuk menyampaikan permasalahan ini,” tegasnya. (*).

Komentar

Berita Terkait