oleh

OPINI: Youtube Platform Masa Kini, Sarana Penyebaran Informasi dan Berita

Oleh : Afina Desi Arianti (Mahasiswa IAIN Samarinda Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam)

Perkembangan media massa dalam era digital sekarang ini dirasa terhubung dengan kegiatan masyarakat dalam mencari informasi, apalagi kelebihan teknologi yang memudahkannya untuk mengikuti perkembangan zaman.

Ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang dan mengalami kemajuan, sesuai dengan perkembangan cara berfikir manusia. Hadirnya Youtube Sebagai Platform saat ini menjadi salah satu contoh berkembangnya teknologi informasi dilihat dari segi kuantitas penonton.

YouTube sudah mulai menyaingi televisi sebagai sarana media yang paling sering diakses pengguna internet. Banyak pengguna internet saat ini menyatakan mengakses YouTube setiap hari.

Pengguna sering menggunakan YouTube untuk menonton konten yang tidak sempat mereka tonton secara langsung ketika disiarkan di televisi. Dan inilah salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan akan informasi.

Ituulah yang memacu manusia untuk menciptakan suatu penemuan baru dan terus mengembangkan temuannya sebagai contoh dalam bidang teknologi. Keterkaitan teknologi dan komunikasi menjadikan media massa (terutama elektronik dan online) menjadi warna baru dalam mengakses segala informasi yang diperlukan oleh masyarakat.

Menyebarkan informasi melalui YouTube adalah penggunaan yang praktis, jumlah subscriber yang semakin bertambah, mendapatkan penonton yang luas (global), dan mengikuti perkembangan zaman.

Dalam perkembangannya, Youtube menjadi sangat populer hingga saat ini kemudahan yang didapatkan ketika ingin membuat chanel ataupun hanya sekedar menonton, menjadi salah satu mengapa Youtube sangat fleksibel dan praktis digunakan bahkan dimana saja.

Popularitas tinggi tersebut dilatarbelakangi oleh meningkatnya nilai guna platform berbagi video tersebut terhadap pengguna internet. Pengguna internet mengunjungi YouTube bukan hanya untuk mendapatkan hiburan, tetapi juga untuk belajar atau mendapatkan informasi dan untuk mempelajari informasi baru.

Alasan mengapa YouTube banyak dikunjungi karena menyediakan berbagai macam video mulai dari video klip sampai film, serta video yang dibuat para pengguna YouTube sendiri. Banyak orang juga terkenal dari situs ini dengan hanya meng-upload video mereka di YouTube.

Bukan hanya itu saja, berbagai kemudahan yang ditawarkan Youtube yaitu untuk mengakses berita, hiburan, edukasi dan lain sebagainya. Jika kita ingin mengakses informasi atau berita, kita dapat mengakses dari mesin pencarian lalu kita dapat menemukan berbagai informasi dalam segala bidang pada situs YouTube.

Tidak dipungkiri ada banyak hal yang ditimbulkan oleh YouTube. Berbagai berita maupun informasi yang kita dapatkan melalui Youtube. Tetapi bukan tidak mungkin dalam Youtube juga terdapat kekurangan.

Ada hal yang perlu kita cermati lagi, berita yang diunggah ke Youtube tersebut tidak bisa langsung kita konsumsi sebagai satu – satu nya data yang kita percaya. Kerena ada konten yang menyesatkan, manipulasi berita yang disebarkan, dan juga clickbait sehingga kita harus lebih cerdas lagi memahami isi konten yang disajikan. Ini berarti bahwa individu yang berbeda dengan pandangan dan keyakinan yang berbeda akan posting video buatan sendiri.

Berita yang menjadi headline besar dan opini public saat ini, bisa sangat cepat kita dapatkan dengan kecanggihan teknologi saat ini. Sebagai platform YouTube memberikan sebuah tontonan audio visual yang mampu memberikan berita dan informasi bagi khalayak luas.

YouTube juga merupakan sebuah komunitas berbagi video yang, berarti pengguna YouTube bisa meng-upload dan melihat berbagai video. YouTube juga bisa memberikan sebuah hiburan untuk pengguna internet, dengan YouTube pengguna berhak memilih sajian dan tayangan mana yang mereka inginkan dan butuhkan. Di sisi lain keberadaan situs YouTube memudahkan pengguna untuk memahami informasi yang didapatkan.

Sekarang dengan hadirnya Youtube bisa menjadi akses mudahnya mendapatkan sebuah informasi dan berita. Bukan hanya sebagai media penghibur dalam dunia komunikasi, Youtube juga bermanfaat sebagai sarana untuk membangun hubungan atau relasi.

Bahkan membantu kita untuk menyampaikan informasi yang kita ketahui kepada semua orang karena memiliki jangkauan global. Mempermudah kita untuk mengakses di mana pun kita berada.

Youtube juga dapat digunakan oleh kita untuk menggali kreativitas serta mengekspresikan diri, misalnya dengan membuat konten video atau berbagi pengalaman dan informasi dengan video yang kita unggah ke dalam Youtube.

Tentu tidak heran jika dari sekian manfaat yang dimiliki ini, telah menyebabkan Youtube menjadi salah satu kebutuhan pemenuhan informasi dan berita yang sangat praktis.

Komentar

Berita Terkait