oleh

Presiden Jokowi Resmikan Tol Balikapapan – Samarinda, Pengguna Jalan Digratiskan Dua Pekan

TERASKATAKALTIM.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan dua seksi Jalan Tol Balikpapan – Samarinda (Balsam), di Kalimantan Timur, Selasa (24/8/2021).

Peresmian tol ini menjadi momen bersejarah, karena merupakan tol pertama yang ada di Kalimantan.

“Alhamdulillah seluruh ruas Jalan Tol Balikpapan-Samarinda sepanjang 97,3 km telah tuntas diselesaikan, Ini juga menjadi momen bersejarah karena tol Balikapan-Samarinda adalah tol pertama di Pulau Kalimantan,” ujar Jokowi saat peresmian di Balikpapan Kalimantan Timur, di laman Youtube Sekretariat Presiden.

Peresmian jalan tol ini diharapkan Jokowi, dapat membangun infrastruktur secara merata, tak hanya berfokus di Pulau Jawa dan Sumatera. Jokowi ingin keberadaan jalan tol ini dapat menggairahkan ekonomi masyarakat setempat.

“Kita harapkan dengan adanya jalan tol ini akan ciptakan titik-titik pertumbuhan ekonomi baru,” ungkapnya.

Kehadiran Jalan Tol Balikpapan-Samarinda ini juga diharapkan dapat memperbaki jaringan logistik agar lebih baik, efisien, dan cepat. Dengan begitu, dapat meningkatkan daya saing, khususnya komoditas-komoditas yang diproduksi di Kaltim.

“Jadi akses lancar, bisa turunkan biaya logistik dan poduk ekspor dari provinsi ini akan memiliki daya saing tinggi. Sehingga menjadikan ekonomi di Provinsi Kaltim semakin efisien dan kompetitif,” tutur Jokowi.

Peresmian jalan tol ini meliputi dua seksi yakni, seksi I dan V yang menghubungkan Balikpapan – Samboja, Kutai Kartanegara.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, setelah diresmikan Presiden, dua seksi ini akan dibuka untuk umum mulai pukul 02.00 Wita, Rabu (25/8/2021).

Nantinya, para pengguna jalan tol ini akan digratiskan selama dua pekan.

“Selama dua pekan ke depan kita gratiskan,” ungkap Basuki dikutip dari keterangan tertulis Humas Setprov Kaltim, Selasa. (Yayuk)

Komentar

Berita Terkait