oleh

Perhitungan Suara KPU Bontang Rampung, Basri-Najirah Unggul 45.164 Suara, Neni-Joni 40.792

TERASKATAKALTIM.com – KPU Bontang sudah merampungkan hasil rekapitulasi perhitungan suara Pilkada di tingkat Kota, Rabu (16/12/2020).

Perhitungan KPU menunjukkan, pasangan Basri Rase – Najirah, unggul dengan perolehan 45.164 suara. Sementara rivalnya, pasangan Neni Moerniaeni – Joni Muslim hanya meraih 40.792 suara. Selisih 4.372 suara. Hasil ini diperoleh dari 375 TPS tempat warga mencoblos.

Dari 3 kecamatan yang ada di Bontang, Basri-Najirah unggul di 2 kecamatan, yakni Bontang Selatan dan Bontang Barat. Sementara Neni-Joni hanya unggul di satu kecamatan yakni Bontang Utara. Itupun keunggulannya tak terlalu signifikan.

Ketua KPU Bontang Erwin mengungkapkan, sementara ini akan menunggu selama sepekan kedepan untuk memastikan ada tidaknya gugatan dari paslon ke Mahkamah Konstitusi.

“Apabila ada yang keberatan dilayangkan ke Mahkamah Konstitusi, maka penetapan calon wali kota dan wakil wali kota menunggu keputusan inkrah dari sana,” ungkapnya.

Namun jika tidak ada gugatan maka KPU akan melakukan pleno penetapan pemenang Pilkada Bontang tahun 2020.

Pilkada Bontang 2020 diikuti dua pasangan calon yaitu Basri Rase – Najirah dan Neni Moerniaeni – Joni Muslim.

Basri – Najirah diusung koalisi PDI-P dan PKB. Sedangkan Neni – Joni diusung 12 partai, di mana 8 partai di antaranya merupakan partai parlemen yakni Golkar, PKS, Gerindra, PPP, PAN, Nasdem, Hanura, Berkarya. Sementara dari partai non parlemen yakni Demokrat, PBB, PSI, dan Perindo. (*)

Komentar

Berita Terkait