oleh

Ini Harapan Ketua HMI Cabang Sangatta kepada Bupati Terpilih

TERASKATAKALTIM.com – Ketua HMI Cabang Sangatta, Ahsan Putra P berharap siapapun bupati dan wakil yang terpilih, dapat membangun daerah dengan gagasan baru agar bisa melakukan percepatan kemajuan Kutai Timur (Kutim).

“Kepada siapapun yang terpilih nanti harus menjalankan visi misi yang telah disampaikan dengan baik. Sebagai seorang kepala daerah harus mampu mencari ide – ide atau gagasan baru dalam membangun daerah di berbagai sektor,” ujarnya.

Kata Putra, kegagalan pembangunan daerah disebabkan oleh penyusunan program-program yang tidak prioritas. Dimana sejatinya hal itu akan menuai kritik dari kalangan intelektual dan berbagai golongan.

“Salah satu hal yang juga harus digaris bawahi adalah tentang urgensi atas pembangunan yang tidak selaras dengan kebudayaan setempat,” katanya.

Dia menjelaskan bahwa hal seperti yang di kemukakan oleh Galtung dalam tesisnya, dimana saat ini kebudayaan diakomodir dalam kerangka pembangunan. Dengan sendirinya, dari konsensus itu makan akan hadir perspektif pembangunan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat, seperti infrastruktur penghubung antara kecamatan satu dengan kecamatan yang lain atau pun desa satu ke desa yang lain.

“Aspek itu merupakan salah satu indikator dari keberhasilan daerah untuk menghadirkan kemasalahatan umat secara universal, serta strategi pemasaran produksi pangan di tiap desa terpencil untuk mendongkrak perekonomian di tingkat desa. Bahkan hal itu sangat berpengaruh besar terhadap APBD kabupaten,” jelasnya.

Putra menyampaikan, HMI akan tetap selalu mengawal kebijakan-kebijakan eksekutif maupun legislatif dalam menghadirkan konsep pemerataan dalam setiap sektor.

“Terutama di bidang infrastruktur dan suprastruktur,” tutupnya. (*)

Komentar

Berita Terkait