oleh

Rustam Yakin DKP3 Mampu Awasi Harga dan Ketersediaan Bahan Pokok Jelang Puasa

TERASKATAKALTIM.com – Bulan bulan suci ramadan tinggal beberapa hari lagi. Biasanya, menjelang bulan puasa hingga Hari Raya Idul Fitri, sejumlah harga bahan pokok cenderung melonjak.

Menanggapi hal itu, Ketua Komisi II DPRD Bontang, Rustam mengaku percaya dengan Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan dan Pertanian (DKP3) terkait pengawasan harga dan ketersediaan pangan menjelang Ramadan.

“Saya percaya teman-teman di ketahanan pangan, karena sudah lama juga mengerjakan masalah seperti ini. Meski begitu, akan tetap kami pantau tiga hari kedepan,” ungkapnya, Selasa (06/4/2021).

Menurutnya, kenaikan harga pasti akan terjadi. Sebab itu sudah merupakan fenomena tiap tahun di bulan-bulan tertentu. Apalgi jelang puasa dan hari keagamaan lainnya.

“Walupun ada kenaikan, itu biasa terjadi di bulan tertentu. Asal masih dalam keadaan wajar. Jangan sampai melambung dan ada penumpukan atau penimbunan. Itu yang susah,” ujarnya.

Rustam mengatakan, meskipun ada kenaikan harga bahan pokok menjelang bulan puasa, tapi masih dalam keadaan wajar.

“Kenaikan harga sekarang masih wajar,” katanya saat ditemui di Pendopo Walikota,

Politikus Golkar ini menyampaikan, saat ini persediaan bahan pokok masih terbilang aman. DKP3 juga melaporkan semua ketersedin pangan itu sudah siap memasuki puasa.

“Selanjutnya nanti memasuki hari raya Idul Fitri, kami akan cek lagi,” ujarnya.

Biasanya, kata Rustam, faktor penyebab terjadi pelonjakan itu karena susahnya transportasi, susahnya BBM, dan juga terjadi kelangkaan.

Meski begitu, jika terjadi kenaikan harga yang tidak wajar, pihkanya akan turun langsung melakukan pengecekan di lapangan.

“Kami akan turun langsung ke lapangan, kenapa hal itu bisa terjadi,” katanya. (**)

Komentar

Berita Terkait