oleh

Ratusan Ribu Surat Suara Siap Didistribusikan Besok

TERASKATAKALTIM.com – Berbagai persiapan telah dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bontang menjelang Pilkada serentak yang jatuh pada 9 Desember 2020 mendatang. Salah satunya, persiapan pendistribusian surat suara.

Sebanyak 124.916 surat suara untuk Pilkada Kota Bontang, Kalimantan Timur akan didistribusikan besok, Selasa 8 Desember 2020. Jumlah itu akan disebar di 15 Kelurahan yang ada di kota Taman (Sebutan Kota Bontang). Termasuk cadangan 2,5 % sesuai ketetapan KPU.

Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Bontang, Musdalifah mengungkapkan, pendistribusian akan dimulai sejak pukul 07:00 hingga 18:00 wita, dengan pengawalan ketat petugas.

“Insyaallah untuk Bontang sudah lengkap. Termasuk APD (Alat Pelindung Diri). Tinggal proses pendistribusiannya aja besok,” ungkap Musdalifah saat ditemui di kantornya, Senin (7/12/2020).

Hingga pukul 13:00 Wita hari ini, tercatat ada 121.694 Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang tersebar di tiga kecamatan, antara lain Kecamatan Bontang Selatan 46.401 DPT, Bontang Barat 20.277, dan di Bontang Utara 55.016.

Sedangkan untuk Tempat Pemungutan Suara (TPS), ada 375 TPS. Kecamatan Bontang Utara menjadi lokasi terbanyak dengan 166 TPS, Bontang Selatan 140 TPS, dan Bontang Barat 69 TPS.

“Semoga besok cerah, biar tidak ada kendala di lapangan,” ujar Musdalifah.

Saat ditanya soal hak pilih masyarakat yang terinveksi Covid-19 dan yang sedang melakukan isolasi mandiri, Musdalifah menjelaskan bahwa petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) tetap melayani hak pilihnya dengan mendatangi lokasi pasien lengkap mengenakan APD standar protokol kesehatan.

“Petugas KPPS 6, pengawas TPS serta saksi dari masing-masing calon yang akan mendatangi pasien covid,” terangnya.

Kendati demikian, KPU Bontang tetap akan menghargai standar protokol kesehatan yang diterapkan oleh masing-masing rumah sakit.

“Kami akan menggelar rapat secepatnya dengan pihak rumah sakit, untuk menentukan jumlah titik pastinya,” pungkasnya. (*)

Komentar

Berita Terkait