oleh

Peringatan Hari Lahir Pancasila, Begini Kata Ketua DPRD Bontang

TERASKATAKALTIM.com – Ketua DPRD Bontang Andi Faizal Sofyan Hasdam mengajak seluruh masyarakat di momentum hari lahirnya Pancasila, yang diperingati hari ini, Senin 1 Juni 2021, untuk bersama-sama memperkuat Persatuan dan Kesatuan dengan Pancasila sebagai dasar negara.

Menurutnya, dengan begitu Pancasila selalu menjadi roh bagi seluruh rakyat Indonesia dalam bermasyarakat dan berdemokrasi.

“Sudah seharusnya seluruh masyarakat Indonesia bergerak dan bertindak dalam bermasyarakat serta bernegara, sesuai dengan apa yang dikandung di dalam nilai-nilai Pancasila, dengan menerapkan Pancasila sebagai dasar, ideologi, dan pandangan hidup berbangsa,” ucapnya.

Politkus Golkar itu mengatakan, saat ini banyak pengamalan Pancasila yang belum terealisasi dengan optimal di masyarakat. Mulai kurangnya toleransi, tidak bisa mengakui perbedaan dan kurangnya musyawarah mufakat.

“Hal seperti ini harus bersama kita kembalikan dengan berbagai macam cara, salah satunya menanamkan nilai-nilai dan pengetahuan tentang Pancasila dari sejak usia dini dan dimulai dari diri kita sendiri untuk mengamalkannya,” katanya.

Andi Faizal juga menjelasklan sejarah awal mula Pancasila. Yakni dari kekalahan Jepang pada perang pasifik, kebanggaannya kepada bangsa Indonesia kemudian terbentuklah sebuah lembaga bernama Dokuritsu Junbi Cosakai, yang kemudian disebut Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI).

Sidang pertama BPUPKI dilaksanakan pada 29 Mei 1945 untuk membahas mengenai tema dasar negara. Bertempat di Gedung Chuo Sangi Pada saat ini menjadi Gedung Pancasila.

Sidang berjalan selama lima hari hingga 1 Juni 1945, Soekarno menyampaikan gagasannya mengenai dasar negara yang dipilih Pancasila. (*)

Komentar

Berita Terkait