oleh

Pendaftaran Guru Penggerak di Bontang Dijadwalkan April Mendatang

TERASKATA, Bontang – Pendaftaran Guru Penggerak di Kota Bontang, Kalimantan Timur, di jadwalkan dibuka pada April 2021 mendatang.

Demikian disampaikan Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan Ketenagakerjaan dan Kebudayaan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), Eka Dedy Ansharuddin, Senin (19/10/2020) lalu.

“Jadi untuk pendaftaran guru penggerak di Bontang akan dibuka pada April tahun 2021. Angkatan pertama adalah Penajam Paser Utara dan angkatan kedua adalah Samarinda ,” sebutnya.

Kata Dia, guru penggerak nantinya akan pilih dari seluruh sekolah yang ada di Bontang baik dari tingkat TK hingga tingkat SMA/SMK. Untuk jumlah pastinya berapa orang yang akan diambil dari setiap perwakilan sekolah pihaknya masih belum mengetahui secara pasti jumlahnya.

“Bontang mendapatkan jatah 12 orang. Setiap daerah memiliki jumlah yang berbeda karena itu ketentuan dari pusat langsung,” katanya.

Eka juga menerangkan, guru penggerak menjadi agen perubahan dalam membawa ekosistem guru ke arah folosofi, yang bertugas mencari bibit-bibit pemimpin di masa depan. Mereka juga bertugas mempraktikkan pembelajaran berpusat pada murid dan mendorong para guru lainnya untuk bersama-sama bergerak.

Sebelumnya, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) membuka pendaftaran seleksi bagi calon Guru Penggerak angkatan ke -3 wilayah Kalimantan Timur, yang dilakukan di enam daerah berbeda.

“Saya pernah bertanya kepada pihak kementerian saat menggelar vidcon alasan Bontang belum dapat, ternyata untuk angkatan pertama diprioritaskan untuk daerah yang tidak melakukan Pilkada namun saya tidak mengetahui pasti pertimbangannya seperti apa,” ujarnya.

Guru penggerak yang berhasil lolos pada angkatan pertama saat ini telah mengikuti pelatihan hingga sembilan bulan kedepan. (adv)

Komentar

Berita Terkait