oleh

Momentum Nisfu Syaban, Abdul Malik: Perbanyak Ibadah dan Shalawat

TERASKATAKALTIM.com – Nisfu Syaban merupakan pertengahan hari di bulan Syaban yang jatuh pada tanggal 15 kalender Hijriah. Dan tahun ini, Nisfu Syaban jatuh pada hari ini Senin, 29 Maret 2021. Pada malam Nisfu Syaban, kaum Muslimin meyakini, dua malaikat pencatat amal manusia yakni, Roqib dan Atid, menyerahkan catatan amalan manusia kepada Allah SWT.

Pada momentum ini, Wakil Ketua Komisi III DPRD Bontang, Abdul Malik mengajak kepada seluruh umat muslim agar memanfaatkannya untuk menyiapkan diri dengan sebaik-baiknya dalam menyongsong datangnya bulan suci Ramadhan.

Jika berbicara Nisfu Syaban, kata Abdul Malik, maka tidak bisa lepas dari empat bulan yang dimuliakan Allah SWT, atau yang dikenal dengan istilah Asyhurul Hurum, terdiri bulan Dzulqa’dah, Dzulhijjah, Muharram dan Rajab.

Karena diapit oleh dua bulan mulia dan yang paling dimuliakan, yaitu Rajab dan Ramadhan, maka Syaban juga jadi bulan mulia. “Di bulan yang mulia seperti ini, kita dianjurkan untuk lebih memperbanyak ibadah dan shalawat,” kata Abdul Malik, Senin (29/03/2021).

Politikus PKS ini menyebut, banyak bacaan shalawat yang bisa diamalkan masyarakat. Diantaranya shalawat Fatih, Nariyah, Matsurah, Mukafaah, Ibrahimiyah, serta shalawat Nur Al-Anwar.

Selain mengajak untuk meningkatkan ibadah serta memperbanyak shalawat, Abdul Malik juga mengajak untuk menjauhi perbuatan musrik, menjauhi perbuatan dosa besar, serta mensegerakan menunaikan kewajiban terhadap sesama.

”Jika kita melakukan ini semua, insha Allah akan mendapat ampunannya,” ujar Malik. (**)

Komentar

Berita Terkait