oleh

Ini Pentingnya PAUD untuk Masa Depan Anak

TERASKATA, Bontang – Anak usai dini yang terhitung dari 0-6 tahun adalah masa emas atau ‘Golden Age’. Membina dan membangun karakter anak, diperlukan pendidikan sejak dini.

Para orang tua diharapkan agar mendaftarkan anaknya pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Demikian diungkapkan Kepala Bidang Pembinaan PAUD dan Pendidikan Non Formal (PNF), Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Bontang, Yuti Nurhayati, Senin (02/11/2020).

Menurutnya, pendidikan PAUD sangatlah penting karena itu merupakan pondasi utama bagi anak setelah pendidikan keluarga.

“Karena pada masa-masa itulah kita menanamkan karakter yang baik kepada generasi penerus kita,” ujarnya.

Anak pada usia itu adalah plagiat yang handal. Apa yang ditanamkan pada PAUD bisa terserap dengan mudah. Apalagi berdasarkan hasil penelitian para ahli, disebutkan jika sekolah PAUD salah satu cara untuk menentukan masa depan anak usia dini.

“Anak usia dini harus diberikan asupan hal-hal yang positif. Insya Allah kedepannya akan positif pula, oleh dari itu kenapa saya katakana betapa pentingnya pendidikan PAUD,” jelasnya.

Yuti menilai ada perbedaan antara anak yang mengenyam pendidikan PAUD dengan yang tidak. Menurutnya masa depan daerah 20 tahun mendatang tentu bergantung pada anak-anak usia dini saat ini. Oleh karenanya di dalam Badan Kementrian Pendididkan dan Kebudayaan (Kemendikbud) terdapat Direktorat PAUD.

“Karena anak PAUD lebih mudah untuk bersosialisasi, lebih mandiri dan tidak ketergantungan kepada orang tua. Karena mendidik anak PAUD memerlukan pendidikan khusus,” sebutnya. (adv)

Komentar

Berita Terkait