oleh

Dikukuhkan, Relawan Garda Isoman Satimpo Diharap Bantu Optimalkan Penanganan Covid-19

TERASKATAKALTIM.com – Relawan Gerakan Pendampingan Isolasi Mandiri (Garda Isoman) Kelurahan Satimpo, resmi dikukuhkan, di Halaman Kantor Lurah Satimpo, Kecamatan Bontang, Rabu (07/04/2021).

Acara tersebut sekaligus dirangkaikan dengan peresmian Posko Covid-19 tingkat kelurahan.

Dalam sambutannya, Plh Wali Kota Bontang, Aji Erlynawati melalui Asisten Pemerintahan dan Kesra, M Bahri mengungkapkan, sesuai instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 3 Tahun 2021 tentang PPKM berbasis Mikro, dimana Kelurahan samapai tingkat RT sebagai ujung tombak pencegahan penularan Covid-19.

Sejalan dengan itu, Kepala Satgas Covid-19 Pusat telah mengeluarkan Surat Edaran (SE) Nomor 9 Tahun 2021 tentang ketentuan pembentukan posko penangan Covid dalam rangka PPKM tingkat kelurahan.

“Berdasarkan hal tersebut, pemkot telah memberikan intruksi kepada kelurahan yang ada dalam wilayah Bontang untuk membentuk posko SIAGA (sinergi, inisiatif, aman, gesit dan antisipatif),” ungkapnya.

Disamping itu, kata dia, untuk meningkatkan peran RT dalam pendampingan pasien yang terkonfirmasi Covid-19. Sesuai SE Wali Kota Nomor 188.65/180/Dinkes Tahun 2021 tentang pembentukan relawan pendamping tingkat RT bagi warga yang melaksanakan isolasi mandiri.

“Pada akhirnya kami juga mengukuhkan relawan tingkat RT yang dinamakan Garda Isoman,” katanya.

Adapun tugas garda isoman adalah membantu warga yang terkonfirmasi positif, kontak erat dan isolasi mandiri. Menggalang bantuan kebutuhan pokok berupa makanan, obat-obatan dan kebutuhan pokok lainnya.

Membantu pemenuhan kebutuhan logistik kepada warga yang terdampak Covid-19, serta memberikan informasi, edukasi dan pelaporan pelaksanaan pendampingan.

Ia berharap, adanya posko siaga dan relawan garda isoman ini, dapat membantu pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Harapannya dengan adanya garda isoman ini, dapat mengoptimalkan penanganan Covid-19 dari hulu sampai kehilir,” harapnya.

Sementara itu, Lurah Satimpo, Andriyana mengungkapkan, relawan garda isoman ini dibentuk dari 25 RT yang ada di Kelurahan Satimpo.

“Jumlah relawan ada 150 orang,” ungkapnya.

Lanjutnya, kelurahan Satimpo juga difasilitasi oleh PT Badak yang menyiapkan tempat isolasi mandiri di PC Luar (RT 14) dan gedung BPU RT 16.

“Selain itu, PT Badak juga memberikan bantuan berupa masker, topi, kaos, hand sanitizer, disinfektan, dan alat semprot,” katanya.

Andriyana menyampaikan, kedepan pihak kelurahan bersama relawan garda isoman dan Ketua RT aktif melakukan sosialisasi dan update data warga baik yang sedang dalam perawatan maupun yang melakukan isolasi mandiri.

Upacara pengukuhan tersebut dipimpin oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Pemkot, M Bahri mewakili Plh Wali Kota Bontang, Aji Erlynawati.

Turut pula hadir dari TNI-Polri, Badak LNG, Kesbangpol, pihak Kecamatan Bontang Selatan, RT se-Kelurahan Satimpo, serta para relawan garda isoman. (*)

Komentar

Berita Terkait