oleh

8 Mobil Pemadam Diturunkan Atasi Kebakaran di Berbas Tengah

TERASKATAKALTIM.com – Peristiwa kebakaran kembali terjadi di Gang Musafir, Jalan Zamrut 7, Kelurahan Berbas Tengah, Kecamatan Bontang Selatan, Jumat (14/05/2021).

Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkartan) Kota Bontang menurunkan 8 unit mobil pemadam, dibantu 1 unit milik PT Badak. Selain itu, 1 unit kendaraan suplay dan kendaraan operasional BPBD turut membantu, ditambah 1 unit ambulance dari PMI Kota Bontang.

Plt Kepala Disdamkartan Kota Bontang, Sabriansyah melalui Kasubag Umum dan Kepegawaian, Sarkani mengatakan, pihaknya mendapat informasi sekira pukul 04.00 Wita langsung mengerahkan petugas ke lokasi kejadian.

“Setelah mendapat informasi, petugas langsung menuju Ke lokasi kejadian pukul 04.03 dan penanganan selesai sekira pukul 05.30,” ungkap Sarkani.

Kata dia, petugas sempat mengalami kendala. Sebab masyarakat ikut menarik selang penyemprot, sehingga terjadi tarik menarik antara masyarakat dan petugas. Selain itu, ujar Sarkani, saat melakukan pemadaman, kabel listrik PLN yang mengarah ke rumah masih menyala.

“Namun petugas berhasil padamkan api selang satu jam kemudian,” kata Sarkani.

Sarkani menyebut, penyebab kebakaran diduga akibat korsleting listrik dari bagian belakang rumah. Api menjalar dengan cepat hingga menghanguskan bangunan tersebut.

“Pemilik rumah terbangun ketika mendengar bunyi ledakan dan melihat sudah terbakar di bagian belakang yang terdapat mesin cuci dan lampu di area tersebut, lalu api merambat ke bagian tengah atas plafon,” sebutnya.

Sarkani menyampaikan, sejak awal ramadan pihaknya telah menghimbau masyarakat agar mengantisipasi terjadinya kebakaran. Sebab selama bulan ramadan dan menjelang lebaran aktivitas warga akan lebih banyak di dapur.

“Semua masjid di Bontang telah kami kirimkan surat edaran berisi himbauan antisipasi kebakaran, untuk dibacakan di masjid-masjid agar informasi tersebut tersampaikan ke warga,” tutupnya. (Adv Kominfo/FN)

Komentar

Berita Terkait