oleh

Tingkatkan Skill, Damkar Bontang Gelar Pelatihan dan Penyelamatan Antar Personil

TERASKATAKALTIM.COM – Dinas Pemadam dan Penyelamatan (Disdamkartan) Kota Bontang menggelar kegiatan pelatihanan dan sharing antar personil.

Kegiatan saling sharing dan berbagi ilmu ini diikuti oleh para regu Bravo dari pos Bontang Lestari berjumlah 6 orang.

Tim Rescue Mako Utama Damkar, Mustofa Setiawan mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk melatih kembali skill para personil dalam mengevakuasi binatang liar yang sering meresahkan warga. Contohnya cara mengevakuasi ular, Tawon, Buaya dan berbagai binatang liar lainnya.

Tak hanya itu, pengenalan alat-alat rescue dan cara penggunaannya juga dilakukan untuk menambah wawasan para personel. Salah satunya penggunaan grab stick untuk evakuasi ular.

“Jadi kegiatan sharing berbagi ilmu ini kita lakukan, untuk menambah wawasan para personil, khususnya cara mengevakuasi binatang liar yang berbahaya,” ujarnya, Senin (20/9/2021).

Menurut Setiawan, kegiatan ini penting dilakukan lantaran, dalam mengevakuasi berbagai binatang liar diperlukan keahlian khusus.

“Ini salah satu kegiatan rutin kami dan penting dalam melatih skill para personel, karena yang dihadapi ini binatang liar bahkan mematikan, jadi harus punya keahlian saat mengevakuasi,” bebernya. (Adv Kominfo/YayukSugiarseh).

Komentar

Berita Terkait