oleh

Sambut Peresmian Portal Panggilan Darurat 112, Damkar Gelar Geladi Simulasi Kebakaran

TERASKATAKALTIM.COM – Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkartan) Kota Bontang menggelar geladi bersih simulasi penanggulangan kebakaran di Jalan Awang Long, Kecamatan Bontang Utara. Jumat (13/8/2021).

Simulasi digelar dengan menurunkan satu regu 4 pos mako utama Damkar berjumlah 12 pasukan, lengkap menggunakan Alat Pelindung Diri (APD), Mobil medium pressure, dan sarana lainnya.

“Simulasi lengkap kita lakukan dan seolah-olah benar-benar terjadi kebakaran” ujar Kasubag Umum dan Kepegawaian Sarkani kepada media teraskatakaltim.com.

Simulasi ini dilakukan dalam rangka persiapan persemian portal panggilan darurat 112 yang merupakan program dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Program ini akan diluncurkan pada 19 Agustus mendatang. Adapun Organisasi Perangkat Daerah yang tergabung dalam program ini meliputi, Kepolisian Resor Bontang, Komando Distrik Militer 0908/Bontang, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkartan), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Dinas Kesehatan (Dinkes), RSUD Taman Husada, Dinas Perhubungan (Dishub), Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), PT PLN Cabang Bontang, dan Palang Merah Indonesia (PMI) Bontang.

“Program call center 112 adalah portal panggilan darurat yang diluncurkan Kominfo dalam rangka pemberian pelayanan kepada masyarakat yang membutuhkan bantuan. Nanti ini kita geladi simulasi penanganan dan evakuasi menggunakan mekanisme penggunaan call center 112,” ungkap Kani, sapaan akrabnya.

Adanya portal layanan panggilan darurat 112 ini menurut Kani sangat bermanfaat. Masyarakat dapat dengan mudah menghubungi

“Jadi nomor ini mudah diingat, kalau masyarakat butuh bantuan apapun mereka tinggal panggil 112 saja, jadi ngak hanya bantuan kebakaran semua bantuan ada di layanan ini. Tinggal telfon saja nanti petugas call centernya yang akan menyambungkan ke OPDnya,” bebernya. (Adv Kominfo/YayukSugiarseh)

Komentar

Berita Terkait