oleh

Polres Bontang Lakukan Tes Urine Dadakan, Ini Hasilnya

TERASKATAKALTIM.com – Sebanyak 242 anggota polisi di Polres Bontang, menjalani tes urine secara massal, Senin (01/03/2021).

Tes urine dilaksanakan secara mendadak. Selain itu, juga diikuti personil Polsek jajaran. Termasuk dari Polsek Muara Badak dan Polsek Marangkayu.

Pemeriksaan tes urine dilaksanakan Urusan Kesehatan (Urkes) Polres Bontang bersama Tim Analis Kesehatan RSUD Kota Bontang, yang dipimpin Dr. Eva Hartati Sp.PK dengan 8 personil kesehatan lainnya.

Para personil diperkenankan memasuki toilet yang diawasi langsung oleh anggota Propam dan menyerahkan air seninya pada petugas kesehatan untuk dites.

Kapolres Bontang AKBP Hanifa Martunas Siringoringo mengungkapkan, kegiatan ini merupakan program rutin dalam rangka untuk meningkatkan kedisiplinan anggota.

“Sebanyak 242 personil Polres Bontang mengikuti Tes Urine tersebut dan bersyukur dengan hasil Negatif semua,” ungkapnya.

Dikatakan Kapolres, sebelum menertibkan masyarakat, terlebih dahulu akan melakukan penertiban terhadap anggotanya.

“Apalagi narkoba juga menjadi salah satu atensi dari Kapolri,” katanya.

Kedisiplinan anggota terkait narkoba menjadi salah satu program prioritas Kapolri. Oleh sebab itu, Polres Bontang melaksanakan tes urine bebas narkoba secara dadakan dan berkala.

Dalam penindakan kasus penyalahgunaan narkoba, kapolres menegaskan, tidak akan tebang pilih. Baik masyarakat umum ataupun anggota Polri yang terbukti terlibat, akan ditindak dan diproses sesuai aturan yang berlaku.

“Kami tidak akan menutup-nutupi, jika ada anggota yang terlibat narkoba akan kami tindak tegas dan diproses secara hukum,” tegasnya.

Kedepan, pihaknya bakal melakukan Tes Urine lagi. “Waktunya dirahasiakan bagi personil yang belum mengikuti hari ini karena Dinas ataupun sakit,” katanya.

“Hasil tes urine, bila ada anggota yang terindikasi positif akan langsung ditindaklanjuti dengan pemeriksaan lanjutan secara Laboratorium dan proses hukum sesuai ketentuan,” pungkasnya. (**)

Komentar

Berita Terkait