oleh

Petugas Damkar Evakuasi Sarang Tawon yang Resahkan Warga Jalan Ks Tubun

TERASKATAKALTIM.COM – Kebaradaan Tim animal rescue Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyematan (Damkar) Bontang memang memberikan dampak positif bagi masyarakat. Terbukti mereka kembali melakukan evakuasi sarang tawon di jalan Ks Tubun, Gang Wakaf 1, Kelurahan Bontang Kuala, Jumat (2/7/2021) malam.

Pemilik rumah Rahmad mengaku keberadaan sarang tawon tersebut membahayakan warga sekitar dan keluarganya. pasalnya warga pernah kena sengatan tawon tersebut. Sehingga pihaknya mendatangi kantor petugas yang berada di jalan Kapten Piere Tendean, Kelurahan Bontang Kuala.

“Saya takut kalau nanti warga banyak terkena sengatan tawon. Jadi saya langsung laporan ke kantor petugas damkar,” katanya

Norman selaku Komandan Lapangan mengatakan, mendapat laporan tersebut Tim animal rescue langsung meninjau lokasi untuk melihat kondisi. Dan mempersiapkan alat-alat untuk eksekusi yang akan di malam hari.

“Eksekusi dilakukan malam hari untuk menjaga keselamatan personil dan warga. Karena tawon itu, menyebar kalo terang dan bisa menyerang personil dan warga,” ungkapnya.

Sementara Kepala Bidang (Kabid) operasional Damkar Bontang Akhmad Rivani, menuturkan sarang tawon jenis tanah tersebut memang bahaya bagi manusia. Yakni “Jenis tawon tanah (vespa)” bahkan bisa menghilangkan nyawa manusia. Untuk itu, kata dia, dalam melakukan evakuasi menggunakan cairan vape dan pertalite.

“Setelah berhasil dievakuasi, sarang tawon dibawa petugas untuk dimusnahkan,” bebernya.

Dirinya pun mengimbau kepada masyarakat apabila menemukan tawon jenis apapun,langsung menghubungi petugas Damkar. Mengingat hewan tersebut sangat berbahaya.

“Kalau menemukan tawon apapun. Jangan bertindak sendiri.Sebaiknya hubungi kami agar bisa dievakuasi langsung,” imbaunya. (Adv Kominfo/MN)

Komentar

Berita Terkait