oleh

Ketua DPRD Bontang Ajak Penyintas Covid-19 Donor Plasma Konvalesen

TERASKATAKALTIM.com – Ketua DPRD Bontang, Andi Faizal Sofyan Hasdam mengajak penyintas Covid-19 donorkan plasma konvalesen demi mengurangi penyebaran wabah asal China ini.

Saat ini PMI Bontang telah memiliki peralatan dan tenaga medis yang memenuhi kualifikasi untuk memproses plasma darah konvalesen sebelum didonorkan ke pasien Covid-19.

“Kita berharap terapi ini bisa menekan angka penderita covid-19 dan meningkatkan kesembuhan,” ungkapnya.

Faiz pun mengajak banyaknya mantan penderita covid ini dapat ikut berpartisipasi untuk membantu sesama. Menurutnya sudah menjadi kewajiban kita membantu sesama dengan mendonorkan plasma darah kita.

“Mudahan-mudahan para penyintas covid ini bisa tergugah hatinya untuk membantu saudara kita yang sedang terkena covid-19,” ajaknya.

Sempat terpapar Covid-19

Ketua DPRD Bontang Andi Faizal Sofyan Hasdam juga pernah terpapar covid-19. Namun Ia kini sudah dinyatakan sembuh dari virus tersebut.

Sebagai salah satu orang yang pernah positif covid, Faiz mengungkapkan ia bersedia untuk mendorkan plasma darahnya agar diberikan kepada penderita covid.

“Mungkin saat ini saya lebih fokus untuk mendonorkan darah saya untuk membantu sesama. Saya siap. Kalau hari ini pun mau di donorkan saya siap,” ungkapnya, Rabu (27/01/2021).

Informasi terakhir yang dihimpun, pendonor plasma dari penyintas covid-19 masih sangat kurang. Dari 2000 lebih penyintas covid di Kota Bontang, hanya ada sekitar 10 orang yang mau mendonorkan plasma darahnya. Namun dari jumlah tersebut tak ada yang lolos syarat untuk diambil plasmanya.

“Mungkin ini pertama karena ketidaktahuan warga tentang donor plasma darah. Ataukah karena mereka merasa trauma,” kata Sekda Bontang Aji Erlynawati, Rabu (27/01/2021).

Sekda mengakatan, kedepan pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan guna mencari solusi supaya partisipasi pendonor plasma di Bontang bisa meningkat.

“Nanti saya akan kordinasi dengan Dinkes,” ucapnya. (**)

Komentar

Berita Terkait