oleh

Keberhasilan Anak di Sekolah Tak Lepas dari Peran Orang Tua di Rumah

TERASKATA, Bontang – Demi mendukung keberhasilan anak di sekolah, maka haruslah sejalan dengan eksternalnya. Orang Tua harus bekerjasama dengan pihak sekolah untuk mendukung perkembangan anak.

Demikian diungkapkan Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Dasar (Dikdas), Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdkbud) Bontang, Saparudin, Senin (02/11/2020).

“Karena seperti apapun guru megajarkan hal yang baik kepada anak ketika di sekolah. Tetapi saat di rumah anak tidak diajarkan yang baik dan ditambah lagi jika lingkungan sekitar mengajarkan sesuatu yang kurang baik maka apa yag diajarkan di sekolah tidak akan berdampak banyak bagi perkembangan anak,” ungkapnya.

Menurutnya, tidak hanya sekolah, lingkungan dan didikan orang tua menjadi penentu keberhasilan, terkhusus orang tua, perannya begitu dominan dalam pembentukan karakter dan keberhasilan anak di sekolah.

Masih kata Saparudin, apabila pendidikan yang diberikan orang tua baik, maka akan terlihat. Anak akan lebih mendominasi dari rekannya yang lain ketika berada di sekolah.

“Kalau anak di rumah didikan baik, Insyaallah ketika berada dimanapun anak tersebut anak menjadi pribadi yang baik pula.Oleh dari itu pentinggnya kerja sama dan komunikasi antara orang tua dan pihak sekolah. Seperti kenakalan remaja disebabkan lingkungan, keluarga dan pendidikan. Maka dari itu pentingnya pendidikan orang tua, lingkungan dan sekolah harus saling berkolaborasi,” terangnya. (Adv)

Komentar

Berita Terkait