oleh

Disdikbud Bontang Raih Juara Satu Tata Kelola Arsip yang Baik

TERASKATA, Bontang – Lomba tata kelola kearsipan yang baik atau Good Archival Governance Award (GAGAS) tahun 2020 yang diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Bontang telah usai.

Kegiatan yang diikuti Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Bontang itu memasuki tahap pengumuman juara.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Bontang berhasil menyabet kembali piala bergilir tersebut setelah meraih juara satu. Pengumuman itu disampaikan langsung saat peringatan HUT Kota Bontang ke-21, di Auditorium Rumah Jabatan Wali Kota Bontang, Senin (12/10/2020).

Sedangkan untuk juara kedua, diraih oleh Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM). Dan Juara ketiga diraih oleh Sekretariat DPRD Bontang. Sementara juara harapan 1, diraih oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), juara harapan 2 diraih oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), dan juara harapan 3 diraih oleh Sekretariat Daerah (Setda).

Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Dasar (Dikdas), Saparuddin menyatakan, pihaknya selama ini berupaya menghadirkan tata kelola kearsipan yang baik. Dengan menerapkan sistem penyediaan dan penyimpanan informasi yang baik, efektif dan efisien.

“Dengan manajemen penyimpanan arsip yang baik, kebutuhan informasi dapat dengan mudah didapat saat dibutuhkan. Mudahan kedepan kita lebih baik lagi,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Bontang, Retno turut menyampaikan selamat atas para pemenang yang telah berhasil meraih juara. Dirinya berharap, prestasi tersebut bisa terus dipertahankan dan ditingkatkan.

“Dinas Pendidikan bisa dijadikan contoh karena telah memiliki terobosan berupa aplikasi kearsipan. Dan beberapa tahun terakhir juga selalu melakukan pembenahan. Ini tentunya juga tak lepas dari komitmen pimpinan OPD nya,” ujarnya.

Diketahui, penilaian GAGAS meliputi aspek pengelolaan arsip dinamis, aspek sumberdaya manusia kearsipan, dan aspek prasarana dan sarana kearsipan. (adv)

Komentar

Berita Terkait