oleh

Tim Rescue Damkar Catat 52 Ular Dievakuasi Hingga Agustus 2021

TERASKATAKALTIM.COM – Dinas Pemadaman Kota Bontang dan Penyelamatan (Disdamkartan) Kota Bontang tidak hanya menangani masalah kebakaran saja, tetapi juga melayani evakuasi satwa yang terbilang cukup berbahaya. Salah satunya, adalah ular.

Berdasarkan data yang ada tercatat hingga Agustus 2021, Tim Rescue Damkar, telah mengevakuasi sebanyak 52 ular dengan berbagai jenis seperti ular piton, ular kobra, king kobra, ular air, ular kad ut dan lainnya.

Sementara itu, Komandan Kompi Disdamkartan, Norman mengatakakan, lokasi evakuasi ular tersebut didominasi di rumah warga. Sisanya dilakukan di alun-alun Kota Bontang. Beruntung dari kasus evakuasi ular tersebut tidak menimbulkan korban.

“Total yang sudah kami evakuasi ini ada 52 ular, dan memang kebanyakan di wilayah pemukiman. Apalagi kalau musim hujan biasanya banyak itu,” ujarnya kepada media teraskatakaltim.com. Senin (9/9/2021).

Umumnya Tim Rescue Damkar melakukan penanganan ular-ular tersebut berdasarkan laporan warga yang membutuhkan pertolongan untuk mengevakuasi hewan berbahaya itu.

Waktu kedatangan dari Tim Damkar berkisar antara 5 hingga 25 menit tergantung dari jarak tempuh lokasi. Penanganan evakuasinya pun tergantung tingkat kesulitan dalam menangani hewan tersebut.

“Paling susah kalau ularnya sembunyi di tempat yang sulit di jangkau. Biasanya itu butuh waktu lama sampai berjam-jam kalau mau evakuasi,” timpalnya. (Adv Kominfo/YayukSugiarseh)

Komentar

Berita Terkait