oleh

Pemkot Balikpapan Mulai Data Penerima Vaksin Covid-19

TERASKATAKALTIM.com – Pemerintah Kota Balikpapan mulai mendata warga penerima Vaksin Covid-19.

Nantinya, warga yang memenuhi peryaratan mendapatkan vaksin gratis berdasarkan usia 18 hingga 59 tahun. Diperkirakan terdapat 150 ribu jiwa di Balikpapan yang akan mendapatkan vaksin Covid-19.

“Kami menghitung total jumlah penduduk sekitar 150 ribu jiwa yang berusia 18 hingga 59 tahun,” tegas Ketua Satgas Covid 19 yang juga Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendi dalam rilis covid, Selasa (22/12/2020).

Wali Kota menjelaskan, pihaknya belum mengetahu berapa banyak jatah Balikpapan yang dibagikan pemerintah pusat. Namun demikian, nantinya penerima vaksin gratis berdasarkan perhitungan jumlah usia yang ditetapkan oleh Pemerintah Pusat.

“Jumlah penduduk kota Balikpalan mencapai 744 ribu jiwa, dan kini belum diketahui berapa banyak vaksin diperoleh Balikpapan nanti,” uangkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Andi Sri Juliarti menegaskan, sebelum menerima bantuan vaksin gratis, nantinya akan dibentuk pokja.

“Salah satu tahapan untuk mendapatkan vaksin adalah dengan membentuk Pokja di tingkat kota sebagai persiapan awal tahapan pelaksanaan vaksinasi. Kemudian membentuk Pokja teknis yang melibatkan sejumlah rumah sakit dan Puskesmas,” ungkapnya.

Andi biasa disapa Dio mengungkapkan, sekitar 100 tahapan yang harus dipenuhi untuk mendapatkan vaksin gratis.

“Kami akan menyiapkan sekitar 1000 lebih tenaga vaksinator yang akan dilibatkan telah mengikuti workshop untuk mempersiapkan pelaksanaan pemberian vaksin kepada masyarakat,” katanya.

Dio menambahkan, pihaknya kini masih menunggu intruksi dari pemerintah pusat, berapa banyak kuota yang didapatkan pemerintah Balikpapan dan kapan diberikan. (kmf)

Komentar

Berita Terkait