oleh

DPRD Kaltim Minta Pemkab Berau Serius Persiapkan Porprov 2022

TERASKATAKALTIM, Samarinda – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Makmur HAPK, meminta kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau serius mempersiapkan pelaksanaan Pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kaltim 2022.

Menurut Makmur, kesempatan emas yang didapatkan Pemkab Berau sebagai tuan rumah Porpriv 2022 harus dimanfaatkan dengan baik. Untuk itu, Pemkab Berau juga selayaknya membuktikan kesiapannya sebagai tuan rumah.

Hanya saja, hingga saat ini Makmur belum meliha wujud keseriusan pemkab Berau melaksanakan pesiapan Pesta Olahraga terbesar di Kalimantan Timur itu. Semestinya, saat ini Pemkab Berau sudah melakukan pendekatan kepada Pemprov Kaltim agar pelaksanaannya dapat berlangsung lancar.

”Ini kan kesempatan besar Berau mendapatkan kepercayaan Gubernur Kaltim,” kata Makmur kepada wartawan.

Dia menilai, sejauh ini belum ada upaya khusus yang dilakukan pemerintah daerah untuk mendukung pelaksanaan Porprov, apalagi anggaran yang dibutuhkan untuk Porprov juga cukup besar. Keseriusan Pemkab Berau dalam mendukung Porprov ini harus ditunjukkan jauh sebelum pelaksanaan pesta olahraga terbesar di Kaltim itu.

“Minta dong. Kejar anggarannya. Saya lihat, belum ada upaya itu. Padahal ini kesempatan emas Berau ditunjuk sebagai tuan rumah. Seharusnya, ini disampaikan juga saat Musrenbang Kaltim lalu, selain infrastruktur jalan,” tuturnya.

Menurutnya, berkaca pada penyelenggaran PON Kaltim 2008 lalu, Berau hanya ditunjuk untuk mempertandingkan 8 cabang olahraga.

Dan sekarang banyak fasilitas dan infrastruktur yang sudah dimiliki Berau, seperti Dermaga Tanjung Batu, fasilitas kolam renang di Kakaban Aquatik, dan wisma atlet di Kampung Tanjung Batu, Kecamatan Pulau Derawan, serta meningkatnya perekonomian masyarakat Pulau Derawan dengan mengubah rumah menjadi rumah atlet, dan menjadi homestay bagi wisatawan yang datang.

“Jika momen itu tidak dimanfaatkan, saya yakin sampai sekarang Berau tidak ada kemampuan untuk membangun dermaga, dan kolam renang kelas nasional. Ini yang sebenarnya harus kita dorong, dan pemda jeli melihat peluang ini,” tuturnya.

Pelaksanaan Porprov Kaltim 2022 mendatang diharapkan dapat lebih sukses dari PON Kaltim 2008 lalu. Olehnya itu ia berharap, pemerintah daerah dapat lebih serius dan jemput bola agar pelaksanaan Porprov nantinya tidak hanya sekedar terlaksana, namun dapat memberikan efek bagi peningkatan pembangunan, dan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Berau.

“Jadi peran pemerintah daerah sangat dibutuhkan, terutama melakukan lobi-lobi ke Pemprov Kaltim, begitu juga ke tingkat yang lebih tinggi,” ucapnya. (*)

Komentar

Berita Terkait