oleh

Dinas PUPR-PERA Kaltim Luncurkan 2 Aplikasi Layanan Informasi Penataan Ruang

TERASKATAKALTIM.com – Dinas Perkerjaan Umum Penataan Ruang dan Perumahan Rakyat (PUPR-PERA) menggelar Rapat Koordinasi Teknis (RAKORTEK) Bidang Penataan Ruang Se-Provinsi Kalimantan Timur, di Kota Balikpapan, Kamis (01/04/2021).

Kegiatan tersebut dirangkaikan dengan peluncuran program baru dari Dinas PUPR-PERA Kaltim.

Kepala Dinas PUPR-PERA, A.M Fitra Firnanda, ST, MM melaunching dua Aplikasi yang telah dikembangkan sebagai media layanan informasi.

Pertama, Sistem Informasi Penyelenggaraan Penataan Ruang Kalimantan Timur Berdaulat (SNIPER KALIBER) yang mampu memberikan informasi untuk aspek Perencanaan, Pemanfaatan dan Pengendalian Ruang di Provinsi Kalimantan Timur.

Kedua, Aplikasi Sistem Asistensi Eeletronik Rencana Tata Ruang Kabupaten/Kota Se- Kaltim (SARUNG KALTIM), yaitu aplikasi media asistensi rencana tata ruang online.

Sesuai amanat UU 26 Tahun 2007 tentang Penataan ruang bahwa salah satu wewenang Pemerintah Daerah adalah Pembinaan Terhadap Pelaksanaan Penataan Ruang Kabupaten/Kota. Demikian juga dengan UU No. 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja dimana terdapat terobosan-terobosan dalam percepatan penyediaan Rencana Tata Ruang.⁣⁣

Rencana Tata Ruang pada dasarnya merupakan bentuk intervensi yang dilakukan agar terwujud alokasi ruang yang nyaman, produktif, dan berkelanjutan dalam meningkatkan Kesejahteraan masyarakat dan menciptakan keseimbangan wilayah yang memadukan pilar ekonomi, sosial budaya dan lingkungan.⁣⁣

Kepala Bidang Penataan Ruang, A. Muzakkir., ST., M.Si mengatakan, aplikasi ini sebagai Aksi Perubahan yang akan terus dikembangankan untuk menjawab tantangan kebutuhan informasi Penyelenggaraan Penataan Ruang.

“Agar dapat meningkatkan kinerja Dinas PURR -PERA Provinsi Kalimantan Timur,” ujarnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini Kementerian ATR Republik Indonesia, BPN Provinsi Kalimantan Timur, Unsur Pemerintah Provinsi, Dinas PUPR Kabupaten Kota Se-Kaltim dan Dinas PLTR se-Kaltim.⁣⁣ (*)

⁣⁣

Komentar

Berita Terkait